Selasa, 17 Maret 2009

Jelang Galungan, Permintaan Sewa Mobil Meningkat

Menjelang hari raya Galungan tanggal 18 Maret 2009 dan upacara Panca Bali Krama di Pura Besakih, 25 Maret – 27 April 2009, permintaan sewa mobil di Bali mengalami peningkatan. Menurut beberapa pengelola rental di kawasan Kuta, Sanur, Legian, dan Denpasar, kecenderungan meningkatnya aktivitas penyewaaan mobil tersebut sudah mulai terlihat sejak beberapa hari lalu.
“Saat ini, dalam sepekan, sedikitnya dua atau tiga mobil tersewa,” tutur Mayo seorang pengelola rental mobil yang bermarkas di bilangan Teuku Umar, Denpasar.

Menurut Mayo, lonjakan permintaan sewa kendaraan tersebut disebabkan karena selain wisatawan, banyak masyarakat Bali yang membutuhkan tambahan kendaraan untuk menjalankan ibadah di saat Galungan serta ngaturah ayah (bekerja bakti) dan bersembahyang di Pura Besakih.

“Untuk masyarakat lokal, yang dibutuhkan hanya mobil saja. Sedangkan untuk wisatawan biasanya meminta layanan sopir dan pemandu,” imbuh Ketut Ardana, pengelola penyewaan kendaraan yang bermarkas di bilangan Legian.

Saat ini biaya penyewaaan mobil plus sopir dan BBM bervariasi tergantung jenis kendaraan. Kendaraan jenis Avansa/Xenia rata-rata dibandrol dengan tarif Rp 400 ribu, APV Rp 450 ribu, Inova/Pregio 500 ribu, Mercy Rp 1,2 juta– Rp 5 juta, Land Cruiser Rp 1,5 juta – Rp 2,25 juta, Toyota Camry Rp 1,5 juta dan Alphard Rp 1,5 juta.

Biaya tersebut untuk waktu sewa selama sepuluh jam. Kelebihan waktu per jam akan dikenakan biaya 10 persen dari harga sewa per hari.

◄ Newer Post Older Post ►