Jumat, 29 Mei 2009

Juni-Juli, Kunjungan ke Bali Diperkirakan Padat

Kunjungan wisatawan domestik ke Bali diperkirakan akan meningkat dan mencapai puncaknya pada Juni-Juli bertepatan dengan musim liburan sekolah. Apalagi pada saat bersamaan akan digelar Pesta Kesenian Bali selama sebulan sejak 13 Juni hingga 11 Juli 2009.
Berkaitan dengan itu, hotel-hotel di Bali terutama yang berada di kawasan Kuta, Legian, Seminyak dan Tuban akan kebanjiran tamu. Bahkan sebagian di antaranya sudah penuh pesanan untuk kurun waktu tersebut.

Selain wisatawan domestik, kunjungan wisatawan macanegara (wisman) pun diperkirakan bakal meningkat. Tiga bulan pertama tahun ini saja (Januari-Maret) kedatangan wisman ke Bali mencapai 490.454 orang. Menurut data Biro Pusat Statistik Bali, dari jumlah tersebut, wisatawan Cinalah yang tertinggi tingkat lonjakannya, yakni sekitar 88,16 persen.

Namun, secara keseluruhan menurut data tahun 2008, sepuluh negara yang paling banyak masyarakatnya berlibur ke Pulau Dewata, berturut-turut adalah Jepang (359.827 orang), Australia (313.313), Korea Selatan (134.909 orang), China (131.319 orang), Taiwan (130.449), Malaysia (129.727 orang), Inggris (82.827 orang), Jerman (82.686 orang), Perancis (77.379 orang ), Amerika Serikat (68.619 orang).

Bagi kamu yang berencana berlibur ke Bali, bergegaslah untuk mencari nformasi tentang hotel atau sarana akomodasi lainnya untuk menginap nantinya. Sekadar mengingatkan, mulai awal Mei 2009 hotel-hotel di Sanur telah mendapatkan pesanan kamar dari wisman untuk menginap pada liburan Agustus 2009. Bahkan, ada beberapa hotel di Sanur yang pada bulan Agustus 2009 kapasitas hotelnya sudah over booking.

Tips Memilih Hotel di Bali
  • Jika kamu memilih hotel atau sarana akomodasi via internet, pilihlah yang memiliki latar belakang usaha yang jelas. Baca secara teliti profil yang tertulis di halaman about us web site mereka. Prioritaskan perhatian pada penyedia jasa dalam bentuk perusahaan ketimbang perorangan.
  • Jika memesan hotel melalui penyedia jasa layanan akomodasi, pastikan penyedia jasa tersebut memiliki kontak yang jelas. Ketahui alamat lengkap, nomor telepon dan fax, serta emergency number yang dapat dihubungi kapan saja. Hindari penyedia jasa yang hanya mencantumkan nomor HP atau alamat email saja. Kedua jenis kontak tersebut dapat diganti kapan saja dengan mudah.
  • Hotel-hotel di Bali sebagian besar menerapkan harga khusus di bulan Juni-Juli dan Desember (high season surcharge). Malah ada juga yang memberlakukannya pada Agustus. Agar tak kecele, cek dulu harga hotel apakah harga yang mereka berikan sudah termasuk harga khusus tersebut.
  • Cek dengan teliti harga yang diberikan hotel kepadamu, apakah sudah termasuk breakfast dan pajak atau belum. Tanyakan pula kebijakan mereka dalam menentukan seorang tamu tergolong dewasa atau anak-anak. Ada hotel yang mengenakan tarif dewasa kepada anak berumur 12 tahun, ada juga yang di bawah atau di atas usia itu.
  • Jika kamu menginap bersama rombongan yang jumlahnya ganjil, tanyalah pihak hotel apakah mereka membolehkan tidur sekamar bertiga tanpa extra bed. Soalnya, ada yang mengharuskan extra bed bahkan harus menggunakan satu kamar lain.
  • Pada saat waktu kunjungan padat, jangan memaksakan diri untuk menginap di kawasan Kuta atau Legian/Seminyak. Kamu bisa memilih hotel di kawasan lain seperti Sanur atau Jimbaran. Pilihanmu akan lebih banyak, dan harganya pun akan lebih “ramah”.
  • Cari informasi di internet tentang hotel atau paket wisata di Bali, catat nama hotel dan lokasinya, lalu kontak (0361) 108 untuk menanyakan nomor telepon hotel tersebut. Setelah dapat, booking langsung ke hotelnya.
  • Gunakan jasa travel agent yang bonafid dan terpercaya.
  • Pilih hotel yang menyediakan servis gratis antar jemput ke airport atau shuttle bus ke Kuta (jika kamu menginap di luar kawasan ini).

◄ Newer Post Older Post ►