Minggu, 15 Juli 2012

Dasar Spiritual Padusan Yang Hilang

padusanPadusan itu harus di niati untuk bersih bersih hati supaya dijauhkan dari pikiran ngeres dan porno. Jadi tidak hanya sekedar membersihkan badan tapi meninggalkan tujuan niat utama padusan yang untuk membersihkan batin dan pikiran. Begitu menurut sesepuh kampung yang berlatar belakang sarjana sastra jawa yang ditemui Admin situs tips wisata murah tadi pagi. "Tradisi ini sudah berjalan ratusan tahun setiap menjelang bulan puasa ,dan biasanya setelah itu kita diwajibjan berziarah kekubur orang tua masing masing" begitu lanjutnya memperjelas pesannya.

Sejatinya asli padusan itu harus dilakukan di air bersih dengan tenang, tentram, ayem dan khusuk. Jadi bukan seperti plesir (liburan) atau rekreasi keluarga dikolam renang. Ini sudah melenceng dari tujuan padusan yang sebenarnya. Karena diasumsikan padusan dikolam renang itu badan bukan menjadi bersih, tapi malah sebaliknya akan jadi kotor karena air dalam kolam yang tidak mengalir. Semestinya padusan itu harus dilakukan di air yang terus terisi seperti sendang dan sejenisnya. Untuk memperjelas topik ini, mungkin anda harus membaca posting kenapa kita harus mandi yang sudah kami terbitkan beberapa waktu lalu

Hakekat padusan itu niat bersuci tidak boleh dengan bercanda, apa lagi dengan perempuan yang bukan muhrimnya. Padusan yang seperti itu tidak pada tujuan dan menyalahi niat sesuci untuk menghadapi ramadhan. Sekali lagi, padusan itu harus dilakukan dengan hati yang tenang dan ayem di air bersih yang mengalir. Karena itulah hukum padusan yang harus kita fahami.


◄ Newer Post Older Post ►