Minggu, 12 Juni 2011

Meriah Pawai Pesta Kesenian Bali ke-33

Setelah dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, acara pertama Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-33 adalah pawai kesenian. Pelepasan pawai yang diikuti oleh seluruh kontingen peserta PKB tersebut digelar di depan rumah jabatan Gubernur Bali gedung Jayasabha, Jl Surapati, Denpasar, Sabtu (11/6/2011). Pawai disaksikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, Gubernur Bali Made Mangku Pastika, para bupati/walikota, dan pejabat daerah lainnya. Ini adalah untuk pertama kalinya pawai kesenian PKB dilakukan pada hari kedua. Pada tahun-tahun sebelumnya pawai kesenian dilakukan menjelang acara pembukaan.

Pawai berlangsung sangat meriah. Ribuan masyarakat berduyun-duyun datang ke lokasi pawai untuk melihat kemeriahan tersebut. Mereka berjajar di pinggir jalan sepanjang jalur pawai sekitar dua kilometer jauhnya.

Begitu pemukulan gong oleh Gubernur Pastika dilakukan, silih berganti tampil barisan peserta PKB dari sembilan kabupaten/kota dan peserta partisipan dari berbagai daerah di Nusantara dan mancanegara. Mereka tampil dengan ciri khas masing-masing. Setiap daerah menampilkan pakaian adat, ritual pernikahan, taria khas hingga gamelan.

Meski meriah, Gubernur Pastika merasa penyelenggaraan acara pawai tersebut masih jauh dari sempurna. Kepada wartawan dia mengatakan bahwa akan memperbaiki pengaturan pawai di tahun berikutnya sehingga memberikan kenyamanan kepada masyarakat dan wisatawan yang menyaksikannya.

"Tahun depan akan kita perbaiki lagi sehingga lebih teratur," tegasnya.

Sebelumnya, dalam pidato sambutan saat acara pembukaan PKB di Panggung Ardha Chandra Taman Budaya Denpasar, Mangku Pastika mengataan bahwa pawai PKB tersebut diikuti 334 sekeha (sanggar seni) dengan 15 ribu seniman. Juga diikuti oleh 24 kotingen dari 16 Provinsi dan tujuh kontingen dari Jepang, Amerika Serikat, India, Malaysia dan Australia.
◄ Newer Post Older Post ►