Sabtu, 17 September 2011

Tips membuat judul yang menarik pembaca

              membut judul yang menarik pembaca adalah salah satu hal terpenting dalam menarik pengujung. (baca: trik licik).  karena judul adalah yang pertama dilihat oleh para pengujung. maka buat lah judul seperti ini:
    berikut ini tips membuat judul yang menarik pembaca, semoga bermanfaat.

1. judul harus atraktif  
Ini berarti secara visual harus menarik untuk menyedot perhatian pembaca. Kalau dalam iklan televisi dikatakan: kesan pertama begitu menggoda, selajutnya terserah Anda. Begitu juga dalam menulis artikel. Kalau dalam 5 detik pertama nggak bisa menarik perhatian pengunjung, jangan harap dia akan meneruskan membaca.



2. Judul memancing panca indera.
Jangan hanya melibatkan indera penglihatan pembaca. Namun sebisa mungkin libatkan pikiran pembaca untuk membentuk persepsi bagus terhadap kalimat. Misalnya: baca judul resep makanan ini bikin perut lapar, lihat gambar jus jeruk jadi haus dan lain-lain.

3. Judul harus membangkitkan emosi.
Pastikan judul tulisan Anda tidak membosankan. Judul harus menunjukkan, tidak memberitahu. Inilah yang menjadikan artikel Anda menjadi hidup. Jika memungkinkan, selalu gunakan kata kerja. Jangan gunakan judul membosankan yang terdengar klise
 (sumber: http://jasaartikel.com)

dan ini tips yang saya peroleh dari situ blogernas

Pertama:


Sembunyikan Maknanya
Kaburkan makna judul postingan anda. Gunanya adalah agar pengunjung ingin tahu apa isinya. Jika anda ingin menulis cara mendatangkan pengunjung yang melimpah, misalnya, jangan anda tulis seperti ini: "Perbanyaklah Update agar Banyak Pengunjung Datang". Ini adalah judul “porno”. Ha?

Karena maknanya sudah terbuka. Tanpa dibaca isinya, pengunjung anda juga sudah tahu apa maksudnya. Karena anda sudah langsung membocorkan isinya pada judul tersebut. Pengunjung anda tinggal berguman: “O gitu toh. Ya, sudah. Saya akan segera pulang untuk segera update. Yo i”

Tapi coba anda ganti misalnya menjadi seperti ini:
  • Lakukan Ini Jika Ingin Pengunjung Anda Melimpah
  • Ingin Pengunjung Melimpah? Ini Rahasianya!
  • Pengunjung Anda akan Melimpah, dengan Syarat …..
Silahkan anda kembangkan sendiri judul-judul seperti ini sesuai dengan topik blog anda.

Kedua:

Gunakan cara terbalik
Lagi-lagi tujuannya adalah untuk membakar rasa ingin tahu pengunjung. Cara yang pertama sudah seksi. Tapi jika anda juga ingin sekaligus pengunjung anda "teller", maka "jungkir-balikan" judul postingan anda. Misalnya:
  • Cara Bohong Agar Pengunjung Melimpah
  • Rahasia Pengunjung Melimpah yang Tidak Boleh Anda Lakukan
  • Cara Cepat untuk Mengusir Pengunjung Anda
Saya tahu sebagian pengunjung anda ada yang adem, tapi ketahuilah. Judul ini akan menyulapnya menjadi temperamen. Kursornya akan segera melompat untuk mengkliknya. Setahu saya, pengunjung yang tidak akan mengklik judul ini hanya 2 jenis. Pertama adalah pengunjung yang buta huruf dan kedua pengunjung yang sedang tidur.

Ketiga:

Coba melawan arus
Sekarang anda sudah mulai memasaki kawasan dilarang masuk, kecuali yang sudah siap mental. Apakah anda sudah siap?

Haha … anda tenang…., ini kan cuma blogging.

Jika anda sudah bosan atau tidak “bernafsu” lagi membaca judul postingan anda sendiri atau dimana pun judul postingan yang anda temui, maka mungkin cara ini bisa menaikan nafsu makan pengunjung blog anda.

Cara ini mirip dengan pelajaran kita pada semester sebelumnya (cari sendiri di lemari arsip ya). Cuma yang ini agak "gila". Biar aman mungkin kita gunakan contohnya untuk blog ini. Tarohlah anda ingin mereview blog ini. Maka jangan gunakan judul seperti ini: “Blogernas, Blog Tempat Belajar Tutorial Blogging.” Ini judul sudah “mati suri.” Sebaiknya anda ganti misalnya dengan:
  • Jangan ke Blogernas Sebelum Anda Tahu yang Ini
  • Blogernas Itu Situs Blogger Gila
  • Tutorial di Bloggernas Omong Kosong Jika ….
Membaca judul seperti ini biasanya pengunjung anda akan "naik pitam". Paling tidak ia diserang penyakit "gatal-gatal". Dan obat yang paling manjur untuk penyakit barunya ini adalah dengan mengklik judul tersebut.

Keempat:

Saya kira cukup segitu dulu ya…
Ini judul termasuk obat keras. Tidak boleh melebihi dosis. Yang saya takutkan adalah nanti lebar bandwith emosi anda akan meningkat.

Sumber : Blogernas
◄ Newer Post Older Post ►