Selasa, 06 Januari 2009

Kota Denpasar

Ibukota provinsi ini adalah wilayah kota termuda di Bali yang diresmikan tanggal 27 Februari 1992. Penetapan Denpasar sebagai pemerintahan kota dijalani secara bertahap melalui peningkatan status Kota Administratif dan Kotamadya. Sebelum itu Denpasar merupakan bagian dari Kabupaten Badung. Wilayah ini menyimpan catatan sejarah penting bagi perjalanan Bali modern. Perang Puputan Badung tanggal 20 September 1906 melibatkan banyak kalangan di wilayah ini dari kalangan keluarga Puri hingga rakyat jelata.

Denpasar mulanya adalah pusat kota kerajaan. Kini, sebagai ibukota provinsi kota ini bergerak menuju kota perdagangan. Di kota ini terdapat pusat-pusat perdagangan modern yang menyediakan berbagai barang untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup manusia Bali masa kini. Perputaran ekonomi yang tinggi membuat kota ini menjadi kota urban yang padat dan riuh.

Namun demikian, kota ini tetap menyimpan wilayah-wilayah wisata yang menyuguhkan ketenangan dan kenyamanan seperti yang terlihat di kawasan Sanur. Selebihnya, Denpasar bergerak ke arah wisata kota dan wisata belanja.


◄ Newer Post Older Post ►