Minggu, 05 April 2009

Dipamerkan, Foto Dokumentasi Upacara-upacara Besar di Pura Agung Besakih

Tentu tak banyak yang dapat dibayangkan mengenai suasana upacara-upacara besar yang pernah diselenggarakan di Pura Agung Besakih jika tak ada dokumentasi yang baik berupa foto dan catatan-catatan. Adalah Made Widnyana Sudibya, seorang Arsitek pecinta fotografi yang dengan tekun mengabadikan secara detil setiap rangkaian upacara-upacara besar di pura terbesar di Bali tersebut.

Kini, melalui rekaman kamera Widnyana, khalayak dapat mengetahui dan membayangkan kejadian dan runut upacara besar seperti Ekadasa Rudra tahun 1979, Pnca Bali Krama tahun 1989, Tri Buwana tahun 1993, Eka Buwana tahun 1996, Panca Bali Krama tahun 1999, dan Panca Bali Krama 2009. Foto-foto yang disajikan dalam 15 panel berukuran 100 x 200 centimeter tersebut sejak Minggu (5/4) dipamerkan di gedung Sasana Budaya di pelataran pura Besakih.

Ratusan foto yang dipilih dan ditata dengan apik oleh Widnyana yang pernah didapuk sebagai ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Bali selama dua periode tersebut memberi gambaran yang cukup komprehensif tentang rangkaian setiap upacara-upacara penting bagi masyarakat Hindu tersebut.

Berikut adalah dua comntoh panel-yang dipamerkan tersebut.

Upacara Eka Dasa Rudra, 100 tahun sekali (1979)










Upacara Panca Bali Krama, sepuluh tahun sekali (1989)
◄ Newer Post Older Post ►