Rabu, 15 April 2009

Inilah 'Misteri' Kekuatan Gigi

Setiap hari gigi diuji dengan aktivitas tinggi, mulai dari menggigit sampai mengunyah. Organ ini masih kuat, berkat lapisan terluar yang dikenal sebagai enamel.

Tahukah Anda, menurut sebuah riset ternyata enamel adalah lapisan yang kuat namun juga rapuh. Jika dibandingkan dengan gelas yang berstruktur hampir sama, daya tahan gigi masih jauh di bawahnya. Gelas bisa bertahan seumur hidup tanpa pecah berkeping-keping.

“Masih misterius, mengapa gelas tak rontok,” kata Brian Lawn, salah seorang periset dari National Institute of Standards and Technology yang ikut meneliti. Lawn dan timnya mengambil sampel gigi manusia, kerang laut, dan sejumlah hewan lain, kemudian membandingkannya.

Para periset yang dibiayai George Washington University Research Endowment Fund itu berusaha meneliti kekuatan gigi sebelum akhirnya pecah. Menurut mereka, struktur enamel yang seperti keranjang anyaman mikro mencegah keretakan pada gigi.

“Meski begitu, gigi sebenarnya penuh dengan retakan namun mereka tetap menyatu karena struktur lapisan enamel ini,” lanjut Lawn yang hasil studinya dilansir jurnal kesehatan Proceedings of the National Academy of Sciences. Ketebalan enamel dan ukuran gigi berpengaruh terhadap daya tahan gigi.

Misalnya gorila yang memiliki gigi lebih besar, tentunya daya tahannya lebih tinggi ketimbang gigi manusia. Informasi ini dapat digunakan untuk mengembangkan substansi semacam enamel namun lebih baik lagi untuk memelihara kesehatan gigi manusia. (inilah.com)

◄ Newer Post Older Post ►