Rabu, 22 April 2009

Pasar Telekomunikasi Indonesia Masuk 6 Besar Dunia

Indonesia menggeser Jepang dalam hal pasar telekomunikasi bergerak terbanyak di Asia Pasifik. Menduduki tiga besar di Asia, Indonesia juga masuk peringkat keenam dunia. Demikian detikINET kutip dari The Mobile World Briefing, Rabu (22/4/2009).

Asia Pasifik tercatat memiliki lima dari sepuluh pasar telekomunikasi bergerak terbesar di dunia. Selain Indonesia, China dan India menduduki peringkat pertama dan kedua di Asia dan dunia dengan jumlah pelanggan 615,7 juta dan 346,8 juta.

Sementara Jepang yang di Asia posisinya bergeser jadi nomor empat, tetap dianggap sebagai kedelapan terbanyak di dunia. Peringkat lima Asia, Pakistan, juga tercatat masuk sepuluh besar dunia.

Indonesia sendiri berhasil melampaui Jepang dengan catatan jumlah pelanggan 140,2 juta pada 2008 lalu. Posisi Jepang di peringkat empat juga mulai terancam mengingat pertumbuhan Pakistan yang signifikan.

Jepang yang cuma berhasil menambah 5 juta pelanggan menjadi 105,8 juta makin dekat dengan Pakistan yang kini punya 89,9 juta. Di belakang Pakistan, Filipina yang menguntit dengan 68,1 juta juga terancam kalah posisi dari Vietnam yang tahun lalu berhasil menambah 30 juta pelanggan baru menjadi 67,2 juta.

Thailand yang kini memiliki 61,9 juta pelanggan dengan penambahan 9 juta pelanggan baru menduduki peringkat delapan. Di belakangnya, peringkat sembilan dan sepuluh, diduduki Korea Selatan dengan 45,6 juta pelanggan dan Bangladesh 45,2 juta. (detikinet.com)
◄ Newer Post Older Post ►