Minggu, 19 April 2009

Ultah ke-100, Pemraih Nobel Merasa Muda

Usia ilmuwan Italia pemraih Nobel, Rita Levi Montalcini, sudah menginjak 100 tahun. Perempuan itu mengakui pikirannya malah lebih tajam ketimbang saat ia berusia 20-an. Wow!

Foto: Rita Levi Montalcini

Pesta ulang tahun Montalcini diadakan pertengahan pekan ini, yang diselenggarakan oleh European Brain Research Institute, sebagai bentuk penghormatan kepadanya. Perempuan yang menjadi senator seumur hidup di Italia itu, mendapatkan Medali Nobel Obat-obatan pada 1986 bersama Stanleys Cohen asal AS.

"Pada usia 100 tahun, saya memiliki pikiran yang lebih superior ketimbang saat berusia 20. Hal itu saya dapatkan berkat pengalamana saya," ujarnya dalam pesta ulang tahunnya, seperti dilansir AP, Minggu (19/4).

Mereka menmukan mekanisme yang mengatur pertumbuhan sel dan organ. Ilmuwan kelahiran Turin itu mengatakan kegiatannya sempat terhenti karena UU anti-Yahudi pada 1930 oleh rezim Benito Mussolini yang fasis.

"Meski demikian, jangan takut dengan masa-masa sulit. Yang terbaik justru diperoleh dari masa-masa itu. Saya harus berterimakasih kepada Mussolini, karena menyatakan saya termasuk ras inferior. Saya jadi bekerja dengan gembira," lanjutnya.

Di pesta itu, Montalcini mengangkat segelas anggur sparkling, bersulang untuk usianya yang panjang sambil menatap sebuah kue ulang tahun yang superbesar. (inilah.com)

◄ Newer Post Older Post ►