Senin, 11 Mei 2009

Inilah Ayam Berkaki Empat dari Pamekasan

Warga Desa Majungan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, digegerkan dengan anak ayam berkaki empat. Anak ayam betina milik Busri (35) yang menetas seminggu lalu itu, sejak beberapa hari ini menjadi tontonan warga sekitar.

Foto: Ayam Kaki Empat (kompas.com)

Busri mengatakan, sebenarnya telur yang dierami induk ayam itu jumlahnya 10 butir. Namun, ketika menetas, satu di antaranya berkaki empat, sementara sembilan anak ayam lainnya normal.

Ternyata anak ayam abnormal itu membuat Busri senang. Sebagai petani dengan penghasilan pas-pasan, ia merasa bahagia memilik ayam aneh yang mengundang banyak warga datang untuk melihat kondisi ayam dengan tingkah yang lucu dan menggemaskan itu.

Begitu senangnya, Busri berjanji akan menjaga betul kesehatan ayam ini. Agar anak ayam ini bisa tumbuh sehat, ia memindahkan anak ayam bersama induknya ke teras rumah dan memberi makanan khusus.

“Jika selama ini kami membiarkan ayam yang menetas berada di dalam kandang dan mencari makan sendiri. Maka untuk anak ayam aneh ini kami istimewakan dengan memberi penerangan lampu neon di malam hari,” kata Busri seperti yang dikutip dari kompas.com , Senin (11/05).

Ditanya jika anak ayam ini nanti tumbuh dewasa apakah ada niat untuk menjualnya. Busri terdiam sejenak sembari menimang anak ayamnya. Kemudian Busri menggeleng-gelengkan kepalanya pertanda tidak ada niat untuk menjualnya.

Diakui, sejak ia memelihara ayam, belum pernah sekalipun ia melihat ayam berkaki empat. Ia menduga anak ayam miliknya membawa berkah. Hanya saja ia belum mengerti berkah yang dimaksud. “Anak ayam ini baru berumur seminggu. Siapa tahu nanti setelah dewasa membawa pengaruh terhadap keluarga saya,” kata Busri.
◄ Newer Post Older Post ►