Senin, 30 Maret 2009

Galang Bantuan untuk Situ Gintung via Facebook

Banyak cara menggalang dana bagi para korban bencana air bah Situ Gintung, mulai dari omongan dari mulut ke mulut, pengumuman media cetak atau elektronik, sampai ke situs-situs jejaring sosial pun digunakan.

Seperti yang dilakukan oleh Shanty, warga Pesona Kayangan, Depok. Ia menggunakan salah satu situs jejaring sosial, Facebook, untuk mengumpulkan bantuan bagi para korban jebolnya tanggul Situ Gintung.

Shanty menerangkan, ia merasa terpanggil membantu para korban karena selain atas dasar kemanusiaan, Shanty adalah alumni Fakultas FISIP Universitas Muhamadiyah Jakarta. "Begitu mendengar musibah tanggul Situ Gintung, profile Facebook saya tuliskan, 'Bagi yang ingin membantu korban, dapat menghubungi saya'. Di sana saya tuliskan juga nomer telepon," ujar Shanty.

Setelah membaca status tersebut, beberapa orang langsung menghubunginya dan menyatakan niat untuk memberikan bantuan. Wanita berkulit putih ini juga menerangkan, kebanyakan teman-teman di Facebook-nya adalah teman-teman semasa SMU dan kuliahnya dulu sehingga tidak mudah untuk diajak mengumpulkan dana.

"Yang menyumbang banyak teman SMU dan kuliah saya, tapi ada juga teman yang asing. Ada yang tidak percaya, tapi niat saya ikhlas kok, benar-benar ingin membantu," kata wanita yang tengah hamil lima bulan ini.

Bagi mereka yang ingin memberikan bantuan berupa dana, Shanty memberikan nomor rekeningnya, sedangkan bagi yang ingin memberikan barang ia meminta untuk diantarkan ke rumahnya di Depok. "Banyak dari para penyumbang yang ada niat untuk menyumbang, tapi malas datang sendiri karena macet. Jadinya mereka menitipkan lewat saya," kata Shanty.

Ia juga menjelaskan bantuan yang berhasil dikumpulkan dapat dibilang cukup bagi para korban. "Untuk dana lumayanlah. Kalau untuk barang-barang berupa makanan, selimut, dan lain-lain terkumpul satu mobil lebih, " ujarnya.

Untuk memberikan bukti bantuan telah disampaikan ke Posko Bencana, pada Facebooknya Shanty memasang foto-foto saat ia menyampaikan bantuan tersebut. " Saya akan terus menggalang bantuan bagi para korban. Selain dari Facebook, saya akan menggalang lewat ibu-ibu pengajian," ujar Shanty mantap.

Rencananya untuk bantuan selanjutnya Shanty akan memfokuskan pada perlengkapan sekolah, seperti seragam, buku-buku, sepatu, dan alat tulis. (kompas.com)

◄ Newer Post Older Post ►