Sabtu, 04 April 2009

Obama Diterima Penjaga 2 Masjid Suci Arab Saudi

Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah bin Abdulaziz As Saud dari Arab Saudi, Jumat (3/4), menerima Presiden Amerika Serikat Barack Obama di kediaman raja di Pusat Konferensi Internasional ExCel di London.

Foto: Obama dan Abdullah bin Abdulaziz

Ini pertemuan pemimpin dua negara yang berasyik-masyuk sejak lama. Pada pertemuan tersebut, mereka membahas upaya kedua negara dalam rangka usaha internasional membangkitkan kembali ekonomi global untuk mengatasi krisis yang kini berlangsung.

Kedua pemimpin tersebut juga membahas berbagai perkembangan di arena regional dan internasional, terutama situasi di Palestina dan perlunya mencapai perdamaian menyeluruh, yang menjamin rakyat Palestina membentuk negara mereka yang merdeka di bumi mereka sendiri. Itu sesuai dengan resolusi sah internasional dan Prakarsa Perdamaian Arab.

Mereka juga meninjau kembali beberapa aspek kerja sama di antara kedua negara dan cara-cara untuk meningkatkan hubungan mereka di semua bidang demi kepentingan mereka bersama. Kedua pemimpin itu merekomendasikan hubungan kuat kedua negara dan melanjutkan perkembangan mereka sejauh ini, sejak pertemuan antara almarhum Raja Abdulaziz dan mantan Presiden AS Theodore Roosevelt.

Kedua pemimpin tersebut menandaskan pentingnya meningkatkan hubungan itu sebagai cara untuk melaksanakan kepentingan kedua negara dan rakyat mereka. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Pangeran Saud Al-Faisal, Menteri Luar Negeri, dan Duta Besar Arab Saudi di AS Adel Al-Jubeir. Dari pihak AS hadir Wakil Penasihat Keamanan Nasional AS Tom Donlon. (surya.co.id)
◄ Newer Post Older Post ►