Kamis, 15 Januari 2009

Diving

Scuba diving adalah kegiatan melayang-layang menjelajahi dunia bawah air yang menakjubkan. Bagi penyelam scuba diver, begitu pehobi scuba diving disebut, kegiatan ini amatlah menyengangkan. Untuk menjadi penyelam tidaklah sulit. Kamu cukup menempuh pelatihan selama tiga hari, pasti bisa. Di Bali banyak tempat-tempat pelatihan scuba diving yang mengemas pelatihannya dengan kemasan wisata. Juga, tak sulit menemukan tempat penyewaan peralatannya dengan harga yang relatif murah.

Daya tarik utama dari olahraga ini adalah menyelam hingga ke dasar laut. Berbeda dengan snorkeling yang hanya bisa menikmati bawah laut dari permukaan air, diving itu menyelam hingga ke dasar laut dengan peralatan yang lebih beragam. Misalnya tabung oksigen yang dalam snorkeling tidak diperlukan.

Peraturan internasional menyatakan, untuk menyelam haruslah menguasai teori dan keterampilan sebagai scuba diver serta memiliki sertifikat Open Water Divers dari badan berwenang. Jika memiliki lisensi OWD, kamu dapat melakukan diving di manapun di dunia pada perairan dengan kedalaman maksimum 18 meter dan perairan dengan ketinggian maksimum 300 meter di atas permukaan laut. Di Indonesia, sertifikat dikeluarkan oleh PADI (Professional Association Diving Instructor).

Tapi bukan berarti kamu yang tak berpengalaman sama sekali tak bisa menjajal aktivitas ini. Kamu dapat mengikuti paket diving yang diawali dengan pelatihan terlebih dahulu. Oleh mereka, terlebih dahulu kamu akan dibekali dengan teori dasar dan lingkungan penyelaman, praktik bongkar pasang peralatan, turun naik ke kedalaman dan praktik uji laut.

Namun, setelah menguasi teori dan praktik menyelam, bukan berarti kamu boleh sembarangan melakukan penyelaman. Penyelam pemula tidak diperkenankan menyelam di dalam laut tanpa didampingi instruktur atau dive master. Kondisi dan karakter laut yang berbeda-beda di masing-masing tempat, mengandung risiko yang cukup besar.

Penting dingat!

Hal-hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan penyelaman:
• Tentukan lokasi penyelaman. Persiapkan peralatan seperti fins, snorkel, tabung oksigen, boots, masker, baju selam, sarung tangan selam dan lainnya.
• Cek peralatan tersebut apakah ada yang rusak atau layak dipakai.
• Periksa alat pengukur tekanan udara dalam tabung.
• Jangan sampai melewati batas aman minimal.
• Gunakan baju selam, sarung tangan selam, fins, boots, snorkel, regulator dan BCD dengan benar.
• Ketahui berbagai masalah yang mungkin terjadi dalam penyelaman, pahami tindakan pencegahan dan penanggulangannya.


Lokasi menyelam di Bali

Nusa Dua
Lokasi penyelaman di Nusa Dua dibangun sebagai perluasan karang di Tanjung Benoa. Gugusan karang ini terbentang dari utara ke selatan, mengikuti garis pantai Nusa Dua Resort. Di sinilah satu-satunya wilayah di Bali Selatan yang diselami secara rutin.

Yang paling asyik dikunjungi di wilayah ini adalah dekat hotel Nusa Dua. Meski tak menyuguhkan pemandangan bawah air yang spektakuler, di lokasi ini terdapat formasi karang yang menarik, sponges dan beragam ikan hias warna-warni.

Candi Dasa
Candi Dasa adalah lokasi menyelam yang menawarkan pemandangan bawah air yang spektakuler. Di sana kamu dapat menemukan dinding karang yang berjenjang dan diselimuti berbagai koral. Beberapa ikan hias yang cantik terlihat di situ seperti kakap merah , ikan clown trigger fish, dan ikan pari bintik biru.

Pulau Tepekong, yang berada di sisi sebelah timur laut pulau ini memiliki dinding selam dengan banyak gua. Jarak pandang di sini hanya delapan meter disebabkan oleh pergerakan air. Arus yang deras membuat para penyelem di tempat ini dapat menyusuri beberapa gua, termasuk terowongan sepanjang sepuluh meter di antara beberapa bongkahan besar.

Tulamben
Di perairan pantai ini selain beraneka jenis terumbu karang dan ikan hias warna-warni yang jinak, juga terdapat bangkai kapal Liberty milik angkatan perang Amerika Serikat yang tenggelam pada Perang Dunia II. Kapal tersebut kini menjadi rumpon dari beberapa jenis kehidupan di dasar laut Tulamben.

Di sini kamu juga dapat menikmati terumbu karang yang sangat indah. Letaknya di tebing dasar laut yang memiliki kemiringan nyaris 90 derajat. Untuk mencapai daerah tersebut, kamu harus muncul ke permukaan terlebih dahulu, lalu dengan boat kamu akan diantarkan menuju daerah yang dinamai drop of point itu.

Ada tujuh dive site di kawasan pantai ini.

Amed
Lokasinya hanya beberapa kilometer di tenggara Tulamben. Amed bertempat di Teluk Jemeluk. Kondisi airnya jernih dan tanpa gelombang permukaan. Pantai ini memiliki topografi yang landai dengan pemandangan bawah laut yang kaya dan gugusan karang yang indah. Lokasi ini sangat menyenangkan terutama bagi penyelam pemula. Jarak pandang di perairan ini sekitar 12-15 meter sehingga mengasyikkan untuk menikmati ikan-ikan hias yang banyak sekali ragamnya.

Pemuteran
Lokasi menyelam ini terletak di Bali bagian utara. Areal Pemuteran berada di Laut Bali, hanya beberapa kilometer dari pantai utara Bali Barat dan masih merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Wilayah ini dilindungi oleh Pemerintah.

Di Pemuteran kamu dapat menemukan banyak variasi terumbu karang. Dan, di antara terumbu karang tersebut, terdapat banyak ikan karang tropis dan sekelompok moorish idol.

Pulau Menjangan
Pulau Menjangan berlokasi di sisi barat laut pulau Bali. Pulau ini berada di perairan Laut Bali, beberapa kilometer dari pantai utara Bali Barat. Wilayah penyelaman ini pun masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Bali Barat yang dilindungi Pemerintah. Karena itu aktivitas menyelam di wilayah ini tak sebebas di dive site lainnya.

Saat ini, pulau Menjanganlah tempat penyelaman terbaik di Bali. Di perairan yang yang jernih dan tenang itu terdapat variasi spesies ikan dan terumbu karang yang sangat kaya. Satu di antara terumbu karang yang memikat itu adalah Gorgonian.

Nusa Penida
Nusa Penida adalah pulau kecil berlokasi di tenggara Bali. Dari Bali, kita harus menyeberangi Selat Badung untuk sampai ke Nusa Penida dan dua pulau kecil lainnya:Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan.

Nusa Penida menjadi pusat penyelaman di area ini. Ada beberapa dive sites di sini yakni Pelabuhan Penida, Puncak Manta, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh dan Puncak Malibu.

Dari semua itu, Toyapakeh dan Puncak malibulah yang paling indah. Toyapakeh memiliki bentangan karang yang sangat indah. Di tempat ini terdapat tiang-tiang koral yang menarik. Sedangkan Puncak Malibu memiliki terumbu karang abu-abu, reef white tips, silver-tips dan beberapa ikan hiu.

Sementara Teluk Penida menawarkan tantangan lain, yakni petualangan di dekat pulau karang yang memiliki bentuk yang menarik yaitu menyerupai gajah yang sedang beristirahat. Di sini air permukaan mengalir dramatis, sebab hempasan gelombang terpotong oleh tebing karang yang menjulang.

Keindahan serupa dengan nuansa yang berbeda juga dapat kamu temukan di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan yang letaknya bersebelahan dengan Nusa Penida.

Biaya
Banyak tawaran paket menyelam di Bali. Harganya berkisar antara Rp 250 ribu hingga Rp 1,2 juta.
Misalnya, di Tulamben kamu bisa menyewa peralatan diving dengan tarif sewa Rp 250 ribu per jam (plus Rp 150 ribu jika menyewa kamera bawah air).

Tarif tersebut sudah termasuk biaya-biaya: transportasi bolak-balik dengan angkutan darat dan laut, pelajaran menyelam, perlengkapan menyelam, makan siang, minuman, snack, asuransi keselamatan.

◄ Newer Post Older Post ►