Kamis, 15 Januari 2009

Rafting

Rafting alias arung jeram adalah petualangan menyusuri sungai yang memiliki arus yang deras dan jeram-jeram yang menantang, dengan menumpangi perahu karet. Tak ada perlengkapan lain untuk mengendalikan perjalanan selain dayung. Karena itu kekompakan antara peserta rafting sangatlah penting.

Di Bali banyak terdapat wahana rafting dengan berbagai grade yang menunjukkan tingkat kesulitan dan banyaknya tantangan di sapanjang jalur yang dilalui. Di Bali, tingkatan tertinggi dimiliki oleh wahana rafting di sungai Telaga Waja. Di situ gradenya mencapai grade IV.

Cobalah wahana ini. Seru!

Tip Rafting
• Sebelum mulai rafting, oleh pengelola kamu akan diberi celana, helm dan jaket keselamatan. Kancing dan ikatkan semua itu dengan baik.
• Setelah mengenakan perlengkapan, oleh instruktur yang akan mendampingi, kamu akan diberi penjelasan mengenai dasar-dasar arung jeram: cara memegang dayung, cara teknik mengambang kalau tercemplung ke dalam air, cara memegang tali pengaman saat berada di jeram yang sulit, dan kode-kode khusus yang nanti akan digunakan oleh instruktur yang akan bertindak sebagai kapten saat kamu beraksi. Pada saat itu, instruktur pun akan memberi tahu kamu tentang panjangnya lintasan dan waktu tempuh yang akan dihabiskan. Camkan dengan baik semua itu.
• Selama rafting, bersikaplah tenang. Dengarkan setiap perintah kapten.
• Saat melewati jeram yang rada “seram” atau saat mengalami hempasan-hempasan, jangan ragu untuk berteriak sekeras-kerasnya.
• Kalau ada rintangan yang membuat kamu ketakutan luar biasa sampai pingin pipis, lakukan aja! Feel free! Nggak ada yang tahu, kok, celanamu basah kerena air sungai atau air seni.

Tabel di bawah ini bisa kamu jadikan acuan sebelum memilih tempat rafting:











































Tempat Rafting Grade Panjang lintasan Waktu tempuh Harga
Sungai Unda, Klungkung
III
9 km
1,5 jam
Rp300 ribu
Sungai Ayung, Badung
II & III
11 km
1 jam
Rp250 ribu - Rp300 ribu
Sungai Bakas, Klungkung
III
Sungai Balian
IV
Telaga Waja, Karang Asem
IV
12,5 km
2,5 jam
Rp275 ribu - Rp350 ribu

Biasanya, dengan harga tersebut penyedia jasa sudah memberikan layanan jemput-antar ke hotel tempat kamu menginap. Kemudian di lokasi kamu akan mendapat welcome drink, tas kedap air untuk melindungi kamera atau barang penting lainnya, makan prasmanan (buffet), handuk, tempat ganti pakaian dan kamar mandinya, serta asuransi dengan nilai pertanggungan hingga US$ 50 ribu.




◄ Newer Post Older Post ►