Kamis, 15 Januari 2009

Kabupaten Jembrana

Jembrana adalah kabupaten yang terletak di bagian barat pulau Bali. Sebagian besar wilayahnya adalah daerah hutan. Hutan Jembrana dengan keragaman flora dan fauna tropisnya adalah daerah hijau Pulau Bali sehingga kawasan ini ditetapkan sebagai kawasan lindung yang dikenal dengan Taman Nasional Bali Barat.

Bertetangga dengan Jawa Timur, kondisi alam dan hutan di Bali barat lebih mirip dengan keadaan alam di Banyuwangi. Suasana hutan jati dan kelapa di Jawa Timur seolah masih terasa di daerah Bali barat. Tak hanya alam, sebagian penduduk Jembrana yang merupakan pendatang dari Jawa. Sebagian penduduk Jembrana di antaranya adalah pendatang dari Jawa yang memeluk agama Islam.

Walau demikian, bukan berarti Jembrana tidak memiliki catatan sejarah perjalanan Hindu. Rangkaian beberapa pura di pantai selatan Jembrana seperti Pura Perancak, Pura Rambut Siwi, dan beberapa pura lainnya menunjukkan bukti bahwa Jembrana menyimpan catatan penting perjalanan Hindu dari Jawa ke Bali di awal masa-masa sejarah Bali.


◄ Newer Post Older Post ►