Kamis, 15 Januari 2009

Pura Beji

Lingkungan Pura Beji merupakan sebuah lingkungan pura untuk memuja Dewi Sri, sebagai dewi kesuburan. Lingkungan pura ini juga dikenal sebagai lingkungan pura Subak untuk desa adat Sangsit, di mana seluruh bagian lingkungan pura dihiasi ukiran bergaya Buleleng (Bali Utara). Ornamen tersebut didominasi oleh bentuk tumbuh-tumbuhan yang merambat dan motif bunga. Inilah cirri khas Bali Utara.

Lingkungan pura ini diperkirakan didirikan pada abad ke-15, pada zaman keemasan Majapahit. Pada pintu gerbang lingkungan pura dihiasi dua patung naga sebagai penjaga pura.

Daya tarik yang unik dari lingkungan pura ini adalah ukiran yang memenuhi semua bagian pura seakan-akan tidak ada satu tempat pura pun yang lupt dari ukiran. Ukiran ini dicat warna-warni sehingga lingkungan pura tampak meriah, berbeda dengan yang terlihat di semua pura yang ada di Bali.

Akses

Jalan menuju lingkungan Pura Beji yang berlokasi di Desa Sangsitini cukup bagus. Kamu dapat menjangkaunya dengan kendaraan apa saja. Dari Kuta, diperlukan waktu perjalanan sekitar tiga jam.

◄ Newer Post Older Post ►