Jumat, 16 Januari 2009

Musik di Bali

Seperti terhadap tarian, orang Bali juga tak bisa dipisahkan dari musik. Bagi orang Bali, musik dan tembang pun adalah persembahan. Karenanya di berbagai upacara selalu digelar musik-musik tradisional Bali dengan irama dan ritmenya yang khas.

Selain musik tradisonal, musik modern pun berkembang baik di Bali. Di Bali pernah lahir grup musik Rock Harley Angels yang dikomandani oleh Putu Indrawan. Grup ini, pada tahun 1985 memenangi festival musik Rock se Indonesia. Pada eranya, mereka sangat terbiasa bermain bersama musisi-musisi rock top dunia macam Mick Jagger yang datang ke Bali secara diam-diam.

Saat ini, terutama di daerah Kuta, Legian dan Seminyak, banyak terdapat club yang menyajikan secara berkala pertunjukan musik rock secara live. Grup rock yang saat ini ngetop di Bali antara lain Superman Is Dead, The Wheels, Navicula, XXX .

Selain Rock, aliran musik lain yang marak di Bali adalah Jazz, Reggae, Blues, Classic Disco. Di Bali banyak tersedia kafe-kafe yang menampilkan musik Jazz. Bahkan di Bali telah terbentuk Bali Jazz Forum yang mempertmukan para penggemar, musisi dan artis Jazz, serta kalangan jurnalis an event organizer. Selain mengadakan pergelaran, forum ini juga memprakarsai klinik jazz untuk anak SMA yang dilakukan secara berkala setiap hari minggu.

Di kawasan Kuta, Legian, Seminyak hampr setiap malam dapat kamu temukan pertunjukan live music dengan berbagai aliran: Rock, Jazz, Blues, Reggae, Classic Disco. Ada juga yang menampilkan musik pop dan Top 40.

◄ Newer Post Older Post ►