Kamis, 15 Januari 2009

Puri Agung Karangasem

Puri Agung Karangasem dibangun pada abad ke-19 oleh Anak Agung Gede Jelantik, raja pertama Kerajaan Karangasem. Puri ini memiliki arsitektur yang unik. Ia merupakan kombinasi antara arsitektur Bali, Cina, dan Eropa.

Arsitektur Bali dapat ditemukan pada pahatan patung-patung Hindu dan relief pada dinding puri. Pengaruh Eropa terlihat pada gaya gedung utama dengan beranda yang besar, sementara arsitektur Cina tampak pada gaya jendela, pintu, dan ornamen yang lain.

Puri Agung Karangasem terdiri atas tiga bagian, yakni Bencingah, Jaba Tengah, dan maskerdam. Bencingah merupakan bagian depan dari Puri, dimana kesenian tradisional sering dipentaskan. Jaba Tengah adalah halaman tengah yang menjadi kolam dan kebun puri. Di tengah kolam terdapat sebuah bangunan yang disebut Balai Gili atau gedung mengambang, di sini kita bisa menemukan dua pohon leci tua.
Bagian ketiga adalah Maskerdam, namanya mengingatkan pada kota Amsterdam, sebuah kota di Belanda. Bangunan memang ini dibangun pada awal Raja Karangasem memulai hubungan dengan Pemerintah Belanda.

Akses
Puri Karangasem terletak di Amlapura, sekitar 88 kilometer dari Kuta. Tidak sulit mencari tempat ini.

◄ Newer Post Older Post ►